Minggu, 29 April 2018

PEMELIHARAAN TRAFO BERKALA ( SATU TAHUN TYPE A)






Inspeksi Bagian Luar.
-     Periksa dan telitilah sambungan ulir, baut, keeling, pres dan las, apakah keadaanya memuaskan (jangan sampai ada rembesan minyak, misalnya pada berbagai sambungan pipa dengan pipa).
-   Periksa sambungan-sambungan Tegangan Tinggi dengan pertahanan.
-    Periksa dan teliti penyer kelembaban udara, sedikitnya ¼ dari silicagel harus masih berwarna biru, kurang dari pada itu seluruhnya diganti, juga periksa permukaan minyak akan tertekan dan keluar melalui lubang pada penampang silicagel.


Pengukuran tingkat Isolasi Minyak (Tegangan Tembus)

Pengukuran ini dilakukan tiap tahun sekali. Ka kran yang berada di bawah dasar tangki, setelah mengalir keluar 1 s/d 2 liter segera ditutup. Kemudian dari sini diambil contoh secukupnya untuk memenuhi tester, tester yang dimaksud mempunyai elektroda-elektroda bulat dengan diameter 12,5mm dan terpisah satu dengan yang lain dengan jarak 2,5mm.

Tegangan diberikan berangsur-angsur (2KV setiap detik mulai dari nol sampai terjadi loncatan api). Test ini harus diulang tergantung dengan kebutuhan minyak yang sama dengan selang waktu 30 detik antara test yang satu dengan test yang berikutnya.


Pembersihan
-    Bersihkan isolator- isolator terminal dengan kain pembersih yang kering dari debu yang ada.
-   Pembersihan pendingan udara (sirip-sirip trafo). Pada daerah yang berdebu berikanlah
putaran fan atau hembusan angina dengan udara berkenan.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © PT.RIA TALENTA TEKNIK | Created by : Klinik Computer Bekasi

Selamat datang di Website Resmi PT.RIA TALENTA TEKNIK . Kami melayani : MAINTENANCE OF TRASFORMER , MECHANICAL-ELECTTRICAL, GENERAL CONTRACTOR, SERVICE OF CUBICLE PANEL, SERVICE OF PANEL AMF, SERVICE INFRARED